Ads Top

Cara Membuat Resep Gemblong Empuk Beras Ketan dan Ketan Hitam Yohanes Chandra Ekajaya

Ketan Gemblong adalah cemilan tradisional atau jajanan pasar yang mempunyai bentuk seperti bola lonjong yang dilumuri dengan gula merah atau besta dan terbuat dari tepung beras ketan dan ketan hitam. Perpaduan citarasa gurih di dalam dengan manis gula merah di lapisan paling luar membuat kue jajanan tradisional ini tetap disukai oleh masyarakat. Kebanyakan diantara kita pasti lebih memilih membelinya daripada membuatnya sendiri. Padahal cara membuat gemblong ketan khas Jawa ini sebenarnya sangat mudah dan sederhana lho. Sama seperti jajanan pasar lainnya, resep gemblong goreng ini juga hanya membutuhkan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat di sekitar kita. Selain dari tepung beras ketan yang putih, Yohanes Chandra Ekajaya juga bisa berkreasi dengan membuat resep kue gemblong ketan hitam yang tidak kalah enak dan lezat
Yohanes Chandra Ekajaya


Resep kue gemblong sama seperti resep tradisional lainnya memang sangat mudah dan sederhana. Cara bikin gemblong bisa dibilang lebih mudah apabila dibandingkan dengan resep jajanan modern lainnya, seperti donat JCO atau lainnya. Untuk membuat Resep Gemblong itu snediri selain bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, juga tidak perlu alat-alat modern. Alat-alat masak modern, seperti mixer, food processor, blender ataupun oven tidak diperlukan apabila Yohanes Chandra Ekajaya akan membuat kue gemblong goreng ini. Tinggal ditakar dengan pas bahan-bahan yang dibutuhkan terus dicampur. Jadilah resep jajanan tradisional yang enak, manis dan gurih untuk sajian bersama keluarga tercinta.
advertisements

Sangat disayangkan memang kalau kue goreng satu ini sekarang sudah tidak terlalu mudah untuk ditemukan. Padahal waktu jaman saya kecil dahulu, penjual gemblong ketan dengan gampang ditemukan dan dibeli dengan harga sangat terjangkau. Masuknya berbagai macam jajanan modern, seperti cheese stik, donat, makaroni dan yang lainnya memang membuat banyak orang melupakan resep gemblong goreng ketan ini. Jajanan dan cemilan modern tadi memang lebih menarik karena dikemas dengan bungkus yang bagus. Tetapi sudah menjadi rahasia umum bahwa cemilan kemasan biasanya mengandung MSG dan bahan pengawet yang berbahaya buat kesehatan. Apalagi dikonsumsi oleh anak-anak dan dalam jangka waktu lama. Padahal sebenarnya cara membuat gemblong itu sendiri sangat mudah sehingga bisa Yohanes Chandra Ekajaya kerjakan sendiri dir umah tanpa butuh waktu lama.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.