Ads Top

Chandra Ekajaya Pengusaha Rotan

Rotan adalah salah satu jenis komoditas yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Tetapi sayang, potensi dan nama rotan tidak setenar dengan kerajinan-kerajinan lainnya. Misalnya saja batik, kerajinan tangan dari kayu, logam, dan sebagainya. Chandra Ekajaya mengungkapkan bahwa bila dilihat secara potensinya, rotan memiliki peluang yang tinggi untuk memajukan perekonomian-perekonomian daerah dan nasional.
Yohanes Chandra Ekajaya


Menurut Chandra Ekajaya, bisnis rotan atau pun kerajinan rotan sangat menjanjikan. Sebab produk ini sebenarnya sangat laku bila didistribusikan, baik secara domestik maupun internasional. Berdasarkan data yang diperoleh asosiasi pengusaha rotan, untuk ekspor rotan murni saja nilainya bisa mencapa 170 juta dolar Amerika Serikat per bulannya.

Chandra Ekajaya mengatakan bahwa nilai tersebut bisa terus naik dan meningkat. Sebab, Indonesia sebagai produsen rotan terbesar di dunia juga mempunyai pengrajin rotan rumahan terbesar. Ini adalah potensi yang luar biasa dari sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia. Dengan menggabungkan kedua potensi tersebut, maka perekonomian di Indonesia bisa lebih maju.

Bila mengacu kepada data statistik, maka Indonesia sebenarnya sangat memenuhi syarat untuk disebut sebagai penghasil produksi rotan terbesar di dunia. Bahkan Chandra Ekajaya pun mengatakan bahwa sistem industri rumah tangga yang hampir dimiliki di setiap daerah di Indonesia membuat hasil olahan rotan sangat variatif dan inovatif. Ini artinya bila industri rumah tangga didukung dan diberikan pembinaan, maka mereka akan menjadi penggerak roda perekonomian bangsa.

Tetapi, menurut Chandra Ekajaya, pengrajin rotan saat ini masih menghadapi banyak kendala dan hambatan. Terutama dalam bahan baku dan bahan pendukung. Selain itu faktor-faktor produksi seperti peralatan yang efektif dan efisien atau tepat guna, desain produk, pemasaran, serta kebijakan-kebijakan pemerintah juga menjadi pengganjal yang membuat industri rumah tangga di bidang rotan kurang maju.

Oleh sebab itu, Chandra Ekajaya sebagai pengusaha rotan mengusulkan kepada segenap elemen yang berperan serta berkontribusi di dalam jalur produksi dan distribusi rotan bertemu dan berusaha mencari solusi atas permasalahan-permasalahan dan kendala serta hambatan yang dihadapi oleh para pelaku usaha bisnis rotan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.