Ads Top

Gitar Batik Chandra Ekajaya

Sebagai seorang alumni jurusan seni kerajinan dan unit kegiatan mahasiswa bidang musik, pengusaha Chandra Ekajaya membuat sebuah usaha yang meramu kedua bidang tersebut. Ia mempunyai ide dan gagasan untuk memproduksi sebuah gitar batik. Bagi pria kelahiran Candimulyo, Kertek, Wonosobo ini, gitar batik bukanlah suatu hal yang baru.


Chandra Ekajaya

Di wilayah tempat asalnya, gitar batik merupakan produk andalan desa. Pengusaha Chandra Ekajaya hanya memanfaatkan peluang dimana pemasaran warga desanya yang lain masih sangat terbatas. Sehingga ia merasa optimis untuk terjun dan bersaing dalam bisnis gitar batik. Ia mengatakan bahwa bisnis gitar batik masih memiliki banyak peluang untuk digali, dikembangkan, dan dimajukan.

Hal yang pertama kali dilakukan oleh pengusaha ChandraEkajaya adalah membuat ciri khas yang membedakan gitar batik miliknya dengan gitar batik yang lainnya. Ia menggunakan teknik yang berbeda. Dalam membatik, ia menggunakan teknis tulis tanpa menggunakan lilin malam. Lalu untuk teknis finishingnya, ia menggunakan pelapis melamin yang tidak mengkilap, alias dof.

Dengan menggunakan teknik dan metode seperti itu, pengusaha Chandra Ekajaya mengatakan bahwa batik di gitar akan lebih awet. Ia pun sangat berharap semoga produk gitar batik buatannya dapat diterima oleh seluruh masyarakat yang sangat menghargai mutu dan kualitas. Dari sisi art pun, gitar yang sudah dihias dengan batik tulis ini akan mempunyai nilai seni yang sangat tinggi. Hal itu tentu saja berpengaruh dengan nilai jual alias harga jual gitar tersebut.

Chandra Ekajaya membanderol gitar batik buatannya dengan harga 500 dolar Amerika Serikat. Tentu saja yang menjadi sasaran dari produk gitar batik buatannya adalah kalangan yang mempunyai uang lebih dan biasanya berasal dari luar negeri. Meskipun ia menyasar pasar luar negeri, tetapi pria kelahiran Wonosobo ini juga tidak menutup pintu bagi para konsumen dalam negeri.

Pengusaha Chandra Ekajaya selalu mengikuti pameran-pameran dalam tingkat nasional dan internasional. Tujuan dari mengikuti berbagai pameran tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memasarkan gitar batik produksinya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.