Ads Top

Tiramisu Mini Chandra Ekajaya


Diantara para pembaca sekalian pastinya tidak asing dengan dessert yang satu ini tiramisu namanya. Berasal dari italia namun telah menjadi makanan yang mendunia dan bahkan cukup terkenal di nusantara. Dengan inovasi dalam menyajikannya, tiramisu dapat menjadi salah satu alternative dessert yang praktis untuk disajikan pada malam special anda bersama keluarga.Menurut Chandra Ekajaya cita rasa yang sedikit pahit dipadu dengan manisnya membuat daya tarik tersendiri bagi penikmat dessert yang satu ini. Di negara aslinya ada berbagai macam variasi resep tiramisu.ada yang mengunakan adonan telur, mengunakan cake pada alasnya dan ada pula yang mengunakan biskuit yang dihancurkan.
Pada kesempatan kali ini resep tiramisu mini yang Chandra Ekajaya sajikan mengunakan sponge cake coklat karena lebih mudah mendapatkanya di pasaran. Keistimewaan dari resep ini dapat disajikan secara individual tanpa harus ribet memotong satu persatu dan dapat disajikan langsung dalam  gelas hidangan. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tiramisu mini berserta langkah-langkahnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tiramisu mini :
·      2 buah sponge cake coklat ukuran  1 cm x 20 cm x 20 cm
·      4 sendok cokelat bubuk
·      8 buah biscuit ladyfinger potong melintang menjadi 12 bagian
·      coklat serut untuk hiasan ( toppingnya )

Sirop kopi :
·      8 sendok makan coffe liqueur
·      4 sendok teh gula pasir
·      250 ml air panas
·      2 sendok makan kopi bubuk instan
·      campur menjadi Saturday

Adonan mascarpone :
·      2 sendok teh gelatin bubuk
·      2 sendok teh bubuk kopi instan
·      2 sendok the coffe liqueur
·      2 sendok  teh air hangat
·      250 ml krim kental, kocok hingga mengembang simpan kedalam lemari es
·      250 gram keju mascarpone
·      50 gram gula bubuk
Langkah-langkah membuat tiramisu mini :
1.    Potong cake cokelat menadi bentuk bundar dengan diameter 6cm, perciki permukaan cake dengan 1/3 bagian sirup kopi kemudian taburi dengan ½ cokelat bubuk kemudian sisihkan.
2.    Campur gelatin dengan air hangat tim dalam panci berisi air panas hingga gelatin larut, tambahkan kopi bubuk dan coffe liqueur aduk hingga merata kemudian sisihkan.
3.    Masukkan krim kocok secara bertahap aduk hingga merata tambahkan larutan gelatin-kopi  aduk hingga merata masukkan 1/3 bagian adonan mascarpone dalam kantung segitiga simpan dalam lemari es hingga dibutuhkan.
4.    Ambil gelas saji berisi cake, lapisi permukaan dengan 1 sendok makan adonan mascarpone. Atur 4 potong biskuit diatasnya lalu perciki dengan ½ bagian sisa sirop kopi lapisi 1 sendok makan mascarapone tutup atasnya dengan cake, perciki permukaan dengan sisa sirop kopi lalu simpan dalam lemari es hingga mengeras.
5.    Keluarkan plastic segitiga berisi adonan mascarapone dari lemari es gunting ujungnya selebar 1/2cm semprotkan di atas permukaan cake sesuai selera.
6.    Taburi permukaanya dengan sisa cokelat bubuk dan hias dengan cokelat serut.

Demikian resep tiramisu mini Chandra Ekajaya semoga tidak kesulitan dalam menyajikannya. Bagi para pembaca sekalian yang ingin mencobanya untuk takaran komposisinya dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan porsi dan takaran hasil yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.