Ads Top

Yohanes Chandra Ekajaya Budidaya Bunga Anggrek

Bunga anggrek merupakan salah satu bunga yang paling indah di dunia ini. Yohanes Chandra Ekajaya sangat suka dengan bentuk dan warna bunga ini.


Jadi tidak heran kalau bunga ini biasa dijadikan sebagai tanaman hias karena keindahannya. Apalagi bunga ini sangat cocok hidup di iklim Indonesia yang tropis ini. Bahkan, kamu bisa memajang bunga anggrek di dalam atau di luar rumah.

Kalau kamu pernah berkunjung ke tempat saudara atau tetangga, mungkin akan kamu temukan tanaman anggrek di sana.

Nah, ternyata, bunga anggrek ini memiliki banyak jenis lho, ada anggrek merah, anggrek hitam, anggrek Papua, anggrek macan, dan yang paling terkenal adalah anggrek bulan.

Bahkan, Indonesia itu dikenal dengan surganya anggrek lho. Ada lebih dari 300 jenis anggrek yang ada di tanah air ini. Bayangkan tuh kalau semuanya ada di halaman rumah kita, pasti sangat indah.

Tapi, apakah perawatan anggrek akan sulit? Menurut Yohanes Chandra Ekajaya ternyata merawat anggrek tidak begitu sulit lho. Asal kamu rajin merawatnya, pasti deh anggrek akan tumbuh dengan baik dan berbunga yang indah. Nah, berikut akan kita pelajari bersama bagaimana merawat tanaman anggrek.

CARA MERAWAT BUNGA ANGGREK
Tanaman Anggrek
veronikacloset.wordpress.com
Lakukan beberapa perawatan terhadap bunga anggrek seperti cara di bawah ini, agar bunga anggrek kamu menjadi sehat dan cepat berbunga.

1. PENEMPATAN TANAMAN ANGGREK

Penempatan Bunga Anggrek
tissuecultureandorchidologi.blogspot.com
Setiap jenis tanaman anggrek memiliki kebutuhan terhadap paparan cahaya yang berbeda-beda. Ada tiga jenis intensitas tergantung dari anggrek jenis apa.

Jenis pertama adalah anggrek yang harus terkena sinar matahari secara langsung. Ada beberapa anggrek yang bisa kamu tanam pada tempat terbuka, seperti anggrek Arachnis, anggrek Vanda, atau anggrek Renathera.

Kedua adalah jenis anggrek yang tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung. Anggrek jenis Ancedium, anggrek Dendrobium, dan anggrek Cattleya merupakan anggrek yang cocok pada kondisi ini.

Jika menanam anggrek jenis kedua, kamu membutuhkan tempat khusus agar sinar matahari tidak mengenai tanaman secara langsung. Tempat khusus ini sangat penting bagi pertumbuhan tanaman anggrek agar lebih optimal.

Jenis anggrek ketiga adalah yang tidak suka terhadap sinar matahari. Jenis ini sangat rentan jika terkena sinar matahari. Jadi, kamu harus meletakkan tanaman anggrek pada tempat yang teduh. Anggrek jenis Paphiopedilum dan Phalaenopsis merupakan anggrek yang tidak suka terhadap sinar matahari.

2. JAGA KELEMBABAN TANAMAN

Anggrek merupakan jenis tanaman yang hidup di daerah tropis, jadi dia biasa hidup di lingkungan yang lembab. Anggrek membutuhkan kelembaban sekitar 60-80%, itu merupakan kelembaban yang optimal.

Jaga tanaman anggrek selalu lembab agar pertumbuhannya bisa lebih optimal. Cara menjaga kelembabannya bagaimana? Kamu bisa menyiramnya minimal sekali sehari, jangan dibiarkan tanaman anggreknya sampai kering ya.

Selain menyiram tanaman anggrek, kamu juga bisa membuat kolam di bawah rak tanaman anggrek. Atau, bisa juga kamu buat sprinkle pada ruangan untuk di tempat Yohanes Chandra Ekajaya meletakkan tanaman anggrek tersebut.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.